9 Kesunnahan Saat Menyembelih Hewan Kurban

by July 27, 2020

Salah satu amalan yang dicintai oleh Allah pada saat bulan Dzul Hijjah yaitu menyembelih hewan korban. Bahkan menurut Zainuddin al-Malibary dalam Kitab Fathul Muin memiliki pahala yang utama dibandingkan sedekah/infaq. Hal itu ditegaskan lagi oleh Ibnul Qayyim meski uang yang disedekahkan setara dengan harga hewan kurban. Di samping itu ada banyak keutamaan yang akan diperoleh bagi sahibul kurban di antaranya adalah, setiap helai rambut dari hewan kurban dianggap sebagai satu kebaikan.  Saking istimewanya pahala kurban, dalam hadis riwayat Imam Ibnu dan Imam at-tirmidzi disebutkan bahwa darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi. Adapun waktu penyembelihan adalah terbitnya matahari pada yaum an-nahri (10 Dzulhijjah) usai shalat Idul Adha dan dua khutbah singkat hingga terbenamnya matahari pada hari tasyriq (13 Dzul hijjah).

 Agar pahala yang diterima lebih sempurna, alangkah lebih baik baiknya dalam proses penyembelihan memperhatikan beberapa amaliah sunnah sebagaimana dijelaskan oleh dalam mendapat kesempurnaan yang lebih Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Qasim dalam Kitab Tausyih.  Beberapa kesunahan ketika menyembelih adalah sebagai berikut:

1. Membaca bismillah

Minimal ketika hendak mengayunkan pisau di leher binatang sembelihan menucapkan lafadz:

بِسْمِ ٱللّٰهِ

atau dengan bacaan yang lengkap;  

بِسْمِ ٱللّٰهِ ٱلرَّحْمٰنِ ٱلرَّحِيمِ‎

meski tanpa membaca bismillah sembelihannya tetap sah, asal penyembelih adalah muslim.

2. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Shalawat yang bisa dibaca misalnya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

3. Penyembelih dan hewan yang disembelih menghadap kiblat

4. Membaca takbir sebelum membaca basmallah dan sesudahnya.

َللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

5. Membaca doa persembahan agar di terima Allah

Adapun doa yang dibaca adalah sebagai berikut:

اللهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِليْكَ فَتَقَبَّلْ

6. Menajamkan pisau tidak di depan hewan kurban

7. Menjalankan dan menekan pada saat maju  mundurnya pisau

8. Membaringkan hewan sembelihan pada sisi kiri tubuhnya dengan mengikat tiga kakinya kecuali kaki kanan bagian belakang

Jadi tidak semua kaki diikat, ternyata ini berfungsi untuk memperlancar dan mempecepat keluarnya darah.

9. Memberi minum air sebelum di sembelih.

Tapi hanya air jangan lebih, karena 15 jam sebelum disembelih sebaiknya tidak diberi makan, hal ini agar saat disembelih hewan lebih, keadaan daging lebih segar, dan bobotnya karkasnya lebih baik.

Amalan sunah ini juga berlaku ketika hendak menyembelih hewan sembelihan apapun, kecuali item nomor (4)  dan (5) karena keduanya merupakan amalan khusus saat hari raya idul adha, atau penyembelihan hewan  kurban. Harapannya dengan melakukan berbagai amaliah sunnah ini menjadikan hidup  ketika semakin berkah.

Mukhlisin Purnomo, Alumni Krapyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *