Bisnis Tanpa Modal

by August 1, 2020

Mungkin temen-temen banyak yang bertanya-tanya, mungkinkah memulai bisnis tanpa modal? Jawabannya bisa, modal itu hanya sepersekian dari banyak hal yang kita butuhkan untuk memulai bisnis, tapi bukan yang pertama maupun satu-satunya. Ada banyak yang harus dipersiapkan di saat kita memulai usaha. Sebagian besar sudah kami ulas di tulisan sebelumnya (Baca: Startup Bussiness Mastery)

Bila ada teman-teman selalu menjawab modal ketika ditanya apa yang dibutuhkan ketika ingin memulai usaha, bisa dipastikan ia lupa bahwa banyak potensi yang bisa digali, selain mencari modal, meminjam modal dan mengharapkan bantuan modal, hehe.

Beberapa hal yang bisa anda siapkan ketika memulai usaha;

  1. Membangun kepercayaan, menjadikan diri kita sebagai orang yang terpercaya dalam urusan niaga. Antara ucapan dan perbuatan selalu satu. Tidak pernah ingkar ketika membuat dan menepati janji. Selalu amanah ketika berhubungan dengan transaksi dan keuangan. Kepercayaan diri yang kita bangun dari awal ini akan menjadi modal yang sangat berharga ketika kita akan memulai usaha.
  2. Memperluas jaringan, bergaulah dengan sebanyak-banyaknya orang sehingga kita memiliki pertemanan yang luas, yang akan sangat bermanfaat ketika kita memulai bisnis. Terutama ketika kita berpromosi, akan membuka cabang, mencari supplier, membangun reseller, distributor dan sebagainya.
  3. Memperdalam pengetahuan, penting bagi seorang pengusaha untuk terus belajar bahkan di saat belum berbisnis dan ketika bisnisnya sudah berjalan. Karena bagi seorang pengusaha tidak pernah ada zona nyaman. Perubahan terus terjadi, ketika kita lengah dan berhenti belajar, maka bisnis kita lambat laun ditinggalkan orang dan beralih ke kompetitor. Pengusaha adalah orang yang mampu beradaptasi dengan cepat dengan perkembangan zaman. Setiap perubahan akan membawa konsekuensinya sendiri. Era agrarian berbeda dengan era industry, demikian pula era informasi . digital akan berbeda juga dengan era konseptual.  

Setelah kita melakukan tiga hal diatas, bisnis tanpa modal bisa kita mulai. Dibawah ini adalah beberapa alternative bisnis yang bisa kita mulai dengan modal yang tidak seberapa atau bahkan dengan modal nol rupiah.

  1. Dropshipper, bisnis dropshipper bisa kita mulai dengan modal minim, caranya kita mencari produsen atau stockist kemudian meminta izin untuk menjualkan barangnya. Setelah mendapat izinnya, kita mulai memasarkannya dengan cara posting di media social, status whatsapp, marketplace atau lainnya. Nah, disaat ada pembeli yang mulai tertarik dan transfer, maka kita tinggal meminta produsen/stokist tersebut mengirimkan atas nama kita ke alamat pembeli kita.
  2. Bisnis jasa, ini bisa jadi alternative kita, ketika memiliki skill khusus. Misalnya desain, reparasi, mengajar dan sebagainya. Keahlian ini bisa kita manfaatkan dengan mempromosikan keahlian kita kepada teman-teman kita dan kita bisa memulainya dengan modal yang minim.
  3. Bisnis bersama, kita bisa juga bekerja sama dengan orang lain, ketika kita ingin memiliki bisnis tapi terkendala modal, padahal secara kompetensi kita yakin bisa mengelola bisnis tersebut. Kita bisa bekerja sama dengan pemilik modal, dengan system bagi hasil. Kita modal di tenaga, sedangkan dia modal di uangnya. Kerjasama seperti ini biasa disebut, syirkah atau join. Ke depannya akan kita bahas secara khusus tentang apa dan bagaimana syirkah ini.
  4. Affiliate, kita juga bisa memulai usaha kita menjadi marketing freelance atau affiliate. Kita bisa membantu menjualkan produk orang lain, seperti property, produk orang lain dan kita mendapatkan komisi/fee atas produk yang terjual melalui upaya kita.   

Itulah beberapa bisnis yang bisa dimulai tanpa modal atau dengan modal yang minim. Ketiadaan modal finansial tidak menjadi halangan kita untuk memulai suatu bisnis. Karena yang terpenting adalah kemauan untuk terus berusaha menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *