GP Ansor Petir-Santripreneur Perkuat Pelatihan Bisnis Pemula

by October 5, 2020

Kader Ansor harus pinter bisnis agar sejahtera, kalau sudah sejahtera organanisasi akan mandiri. Untuk membangun bisnis itu harus terukur dengan angka, jangan cuman perkiraan. Selama ini masih banyak mengukur usahanya hanya dengan perkiraan. Jadi, bagi yang mau memulai atau yang sudah memulai bisnis, harus jelas perhitungannya.

“Agar Ansor ini mandiri, maka setiap anggotanya harus sejahtera. Membuka usaha atau bisnis menjadi salah satu ikhtiar dalam mensejahterakan anggota. Bagi yang sudah punya bisnis itu harus terukur secara angka jangan cuman perasaan,” terang M Arief Rahmat dalam Sorogan Bisnis: Pelatihan Wirausaha Bagi Pemula di Pondok Pesantren Al-Ya’qubiyyah Petir Cipondoh Kota Tangerang, Ahad (4/10).

Namun, menurutnya, bedakan dagang dan bisnis. Pedagang dan pembisnis itu berbeda. Keduanya sangat berbeda, sehingga mindset anggota Ansor perlu diarahkan menjadi pembisnis bukan menjadi pedagang.

“Pola pikir yang kita adopsi menentukan sebagian besar apa yang akan diraih. Tapi, keadaan dan situasi yang berbeda membutuhkan pola pikir yang berbeda pula. Makanya, Mindset adalah penentu utama peraih kesuksesan dalam setiap langkah kehidupan,” tegas Finalis Jawara UMKM 2018.

Ia melanjutkan, setiap harus melawan rasa takutnya agar meraih kesuksesan dalam berbisnis. Makanya, calon pembisnis sukses harus menggali strong why, Sebuah alasan yang kuat. Sebuah alasan yang tidak menghentikan langkah kita dalam berbisnis, sesulit apapun kondisinya, seperih apapun perjuangan, sesakit apapun prosesnya. 

“Kita harus menggali strong why bisnis kita. Anda harus memiliki ALASAN KUAT MENGAPA harus mencapai “goal” yg telah ditetapkan. Kalo ada 10 orang yang melemahkan anda, anda punya 100 alasan yang menguatkan , untuk tetap bertahan di bisnis ini,” terangnya.

Adapun menurut Owner Kopi Bangsa Jajat Sudraja, uang bukan menjadi modal utama dalam membangun bisnis. Untuk memulai sebuah bisnis diperlukan niat yang kuat. Setelah niat kuat, diaplikasikan kepada tindakan atau usaha untuk merealisasikannya.

“Bagi saya, memulai usaha yang utama bukanlah modal tapi tekad dan niat yang kuat untuk memulai usaha. Kalau sudah punya niat yang kuat, pasti kita akan berusaha untuk merealisasikannya walaupun nggak punya uang,” terangnya

Kegiatan Sorogan Bisnis ini dapat terlaksana berkat kerjasama GP Ansor Petir dan Santripreneur[dot]net. Hadir dalam kegiatan itu Ketua MWC Cipondoh Romdhoni, Sekjen GP Ansor Kota Tangerang Muarifin, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ya’qubiyah KH Mulyadi, Pengurus MDS Petir Gus Idham, Pengurus GP Ansor Petir, Fatayat, dan IPPNU Kelurahan Petir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *