Sembilan Alasan Kamu Harus Mondok

by August 25, 2020

Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan satu pengertian. Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel. Di Jawa termasuk Sunda dan Madura umumnya digunakan istilah pondok dan pesantren, sedang di Aceh dikenal dengan Istilah dayah atau rangkang atau menuasa, sedangkan di Minangkabau disebut surau. Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.

Pondok pesantren di Indonesia memiliki peran yang sangat besar, baik bagi kemajuan Islam itu sendiri maupun bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan. Berdasarkan catatan yang ada, kegiatan pendidikan agama di Nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Kegiatan agama inilah yang kemudian dikenal dengan nama pondok pesantren. Berikut ini adalah sembilan alasan kamu harus mondok;

Pertama

Pondok Pesantren memiliki sanad (silsilah) keilmuan yang valid dan tersambung sampai Nabi Muhammad S.A.W. melalui jalur sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in dan para ulama, sehingga ilmu yang didapatkannya sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad S.A.W

Kedua

Pondok Pesantren adalah institusi Pendidikan tertua, sehingga kurikulum, sistem, dan budaya pesantren telah teruji.

Ketiga

Pondok Pesantren sebagai institusi Pendidikan tertua memiliki jaringan alumni terbesar di Indonesia, sehingga akan memudahkan dalam membangun jejaring setelah lulus dari Pondok Pesantren

Keempat

Pondok Pesantren menerapkan sistem Pendidikan holistik; tidak hanya membangun kecerdasan intelektual, kecerdasan emosial, beragam keterampilan, tetapi juga dan paling utama budi pekerti dan kekuatan spiritual.

Kelima

Pondok Pesantren dengan sistem asrama menjadikan santri dapat belajar secara penuh waktu (full-day school) sehingga akan membentuk menjadi Pribadi yang unggul dan mulia.

Keenam

Pondok Pesantren dengan sistem asrama menjadikan santri dapat melakukan kegiatan ibadah baik yang wajib maupun sunnah dapat dilakukan secara bersama-sama sehingga membentuk kebiasaan baik ketika lulus kelak.

Ketujuh

Pondok Pesantren dengan sistem asrama mengajarkan santri untuk mandiri, memiliki jiwa sosial, kepemimpinan, dan komunikasi, jauh dari paham radikal dan narkoba.

Kedelapan

Pondok Pesantren memiliki tradisi literasi yang sangat kuat, karena setiap santri harus mengikuti pengajian dengan beragam metode seperti sorogan dan bandongan, dan sebagainya

Kesembilan

Pondok Pesantren adalah pintu untuk mendidik anak yang Sholeh yang akan selalu mendoakan kedua orang tuanya. Nabi Muhammad bersabda “Jika seseorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh”

Itulah sembilan alasan kenapa harus mondok. Jangan ragu untuk menitipkan anak atau saudara untuk belajar di pesantren ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *