BE DO HAVE, Formula Kesuksesan

by November 29, 2020

Oleh :
Arief Rahmat
www.santripreneur.net

Bismillah, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dalam keilmuan bisnis, ada beberapa hal yang biasa kita sebut fundamental bisnis atau pondasi bisnis. Beberapa hal diantaranya sudah kita bahas dipertemuan sebelumnya, seperti mindset, strong why, karakter, visi misi, be do have, bisnis model, dsb.

Di awal memulai bisnis, harus diawali dari keyakinan dan mindset yang positif Yakin akan sukses, yakin akan berhasil

Perlu diperhatikan:
 Hasrat yang Kuat + Keraguan yang Kuat = Nol Kenyataan
 Hasrat yang Kuat + Beberapa Keraguan = Sebagian Kenyataan
 Hasrat yang Kuat + Nol Keraguan = Kenyataan yang terwujud

Maka, awali bisnis dengan keyakinan yang kuat dan tanpa keraguan.
Sesuatu yang diawali dengan keyakinan, hasilnya akan meyakinkan.
Sesuatu yang diawali dengan keraguan, hasilnya meragukan

Penting bagi seorang pengusaha untuk dapat memanage pikiran, karena sebelum action atau pelaksanaan, semuanya dimulai dari pikiran dulu. Kalo di dalam pikiran sudah negatif, maka aktivitas yang kita lakukan nanti juga akan negatif.

Salah satu cara memanage pikiran supaya tetap positif, antara lain;

  • Berpikir Mudah Berpikir Asyik
    Terkadang kita terjebak pikiran kita sendiri. Sesuatu yang sebenarnya mudah kita bikin sulit dengan mendramatisirnya. Berpikirlah mudah, berpikir asyik. Yang mudah jangan dibikin sulit, yang sulit jangan dibikin makin rumit. Buatlah menjadi lebih mudah & mengasyikkan.
  • Apa Yang Kita Pikirkan akan Menjadi Kenyataan
    Kalimat di atas itu rumus. Jadi jika kita berpikir bahwa suatu pekerjaan itu mudah, maka akan terasa mudah. Hal ini salah satunya karena faktor sugesti yang membuat kinerja kita makin optimal. Begitu pun sebaliknya. Percayalah!

Berbaik Sangka
Apa pun yang menimpa kita sejatinya yang terbaik untuk kita yang diberikan Allah. Meski terkadang tampak buruk & menyakitkan, tapi yakinlah pasti ada hikmahnya. Maka cerdaslah dalam mengambil hikmah.

Pada malam ini, kita coba membahas tentang be-do-have, salah satu metode untuk meraih kesuksesan. kita bisa dikatakan sukses kalo berhasil mendapatkan / menghasilkan sesuatu, sesuai pada waktu yang sudah kita tentukan.

Contoh: saya ingin menikah di usia 25 tahun, ketika saya menikah di usia 26 tahun, maka bisa dikatakan tidak sukses, karena tidak sesuai dengan target yang kita tentukan sendiri.

Tiga alasan kenapa kita harus memiliki mindset positif;
Mindset positif melahirkan keyakinan positif. Jika mindset kita negatif maka kita pun kan memiliki keyakinan negatif. Misal musim hujan tiba lantas kita berujar “ya musim hujan deh, omzet bakalan turun nih”. Nah mindset ini mestinya gak perlu lho. Boleh dong kita perbaiki, saat musim hujan tiba kita berujar, ” hujan itu rezeki, ya Allah semoga berkahkan rezeki kami.“

Mindset positif menghadirkan perilaku positif. Jika mindset kita bahwa hujan maka jualan bakalan sepi, maka ini mensugesti kita untuk bermalas-malasan. Muncul ngantuk, BeTe, bahkan bisa jadi marah-marah karena menganggap hujan jadi biang masalah. Maka perbaiki mindsetnya. Hujan itu takdir Allah, rezeki juga Allah yang atur. Tugas kita mah tetap sempurnakan ikhtiar. Mudah bagi Allah mendatangkan orang-orang dikala hujan, jadi tetap harus bersemangat. Tetaplah berkinerja dengan baik. Jangan sampai konsumen membludak eh kita terbelalak karena gak siap.

Mindset positif menghadirkan hasil positif. Mentor bisnis saya mengajarkan bahwa hanya ada dua kondisi terhadap selling, yakni ramai & ramai banget. Kata sepi dihapus. Ini adalah doa, mindset yang melahirkan doa, doa yang melahirkan hasil. Bukankah Tuhan itu seperti apa yang kita persepsikan. Begitupun dengan hasil dari ikhtiar kita. Pandai bersyukur maka bertambah keberkahan.

Apa itu Be Do Have?
Formula kesuksesan dalam hidup, metode kesuksesan sepanjang masa.
Metode yang mengajarkan kita untuk meraih kepercayaan diri dan kebahagiaan sejati.

Belajar Be – Do – Have akan mengajarkan kita:
 Menjadi pribadi yang pantas sukses, sebab memantaskan diri
 Mengakui diri sebagai pribadi sukses sebelum orang lain mengakuinya
 Mendapatkan sikap mental yang dibutuhkan untuk benar-benar meraih impian tersebut

Dalam karir maupun bisnis, biasanya kita punya keinginan, kita mau punya omset berapa pada akhir desember 2018 (have), apa yang kita lakukan untuk mencapai tujuan itu (do) dan karakter/sikap apa yang kita miliki supaya meraih itu (be).

Karakter, sikap, keyakinan dan tindakan sangat mempengaruhi apa yang ingin kita capai
Be = Nilai, sikap dan keyakinan
Do = Tindakan
Have = Hasil

rumusnya adalah Be x Do = Have
Cara mengerjakan Be – Do – Have, dimulai dari have, do baru be

Have, Mulailah dengan menentukan apa yang ingin dicapai. Tuliskan secara jelas lalu rasakan bagaimana bahagianya jika hal itu tercapai. Rasakan & nikmati kebahagiaan tersebut. Jadikan itu nyata dalam pikiran & perasaan kita!.

Do, lakukan apa saja yang harus dilakukan agar ketercapaian have itu benar-benar menjadi nyata. Dengan merasakan kebahagiaan terlebih dahulu akan ketercapaian have maka kita akan lebih mudah dan bersemangat memilih & mengerjakan do.

Be, agar kita mudah & mampu melakukan do maka kita akan menjadi sangat sadar diri bahwa kita membutuhkan karekter seperti apa saja, bahwa kita harus menjadi sosok seperti apa. Kita pun akan lebih bersemangat menjadi sosok tersebut.

Contoh: Have, alhamdulillah, saya ingin jadi dokter di bulan desember 2020
Do, harus kuliah di fakultas kedokteran, lulus dengan nilai baik
Be, penuh kasih sayang, rela menolong, dsb
Contoh: Have,
alhamdulillah saya memiliki omset 100 juta di bulan desember 2018
Do,
saya harus memaksimalkan promosi dan penjualan
Saya harus merekrut karyawan
Saya harus memperbanyak mitra dan jaringan
Saya harus memperluas online marketing
Be,
saya menjadi orang yang amanah dan terpercaya
Saya harus jujur dan komitment
Saya harus mampu memimpin karyawan saya
Saya harus meningkatkan sedekah saya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Be – Do – Have, mhon maaf atas segala kekurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *